jump to navigation

Berpolitik ? Siapa Takut !!! September 3, 2007

Posted by pahlawanmuda in Tinta Emas Pahlawan.
trackback

Oleh : Redy Hendra Gunawan (Ketua BEM FATETA IPB 2005-2006)

Kalau kita berbicara masalah politik, pasti orang-orang di sekitar kita langsung menjauh, atau minimal orang itu mengaggap kita sebagai orang yang tidak waras. Kebanyakan orang menganggap politik sebagai barang yang sadis, ngeri, kotor, dan licik. Mungkin kamu juga menganggap seperti itu, hanya diri kamu yang tahu. Yang jelas bagi saya politik itu indah, menyenangkan, dan menantang.

Kenapa saya bisa berkata seperti itu ? jawabannya simple. Perhatikan baik-baik.

Pertama, kalau ditelusuri dari arti kata politik, politik dalam bahasa arab sama dengan siyasah yang secara etimologis artinya mengurus, mengatur, mengendalikan dan membuat kebijaksanaan. Nah dari artinya saja tidak ada yang bersifat ngeri, kotor, seperti yang orang sangka. Sebenarnya kehidupan sehari-hari kita juga penuh dengan siyasah. Seperti mengatur agenda harian, mengatur keuangan, memutuskan sesuatu dan lain sebagainya. Jadi, jelas bahwa politik itu tidak kotor, hanya orang-orang yang berpolitik yang membuat kotor. Sehingga orang yang berpolitik harus bersih aqidahnya, akhlaknya, dan pemahamannya harus menyeluruh.

Kedua, agama kita -Islam- tidak pernah mengajarkan kita untuk tidak berpolitik. Betul ndak ? Rasulullah SAW saja sangat piaway dalam berpolitik. Contohnya ketika beliau melakukan perjanjian hudaibiyah -Bukannya perjanjian tentang genjatan senjata merupakan bagian dari politik- .dimana itulah titik balik politik islam. Para sejarawan dan politikus barat menganggap perjanjian hudaibiyah adalah keberhasilan politik Nabi Muhamad SAW. Nah kalau Rasul aja berpolitik yang notabene manusia yang mulia -dalam hidupnya hanya dua kali kesalahan- lalu kenapa kita sebagai manusia yang banyak salah tidak berpolitik. Kamu tinggal memilih mengikuti Rasulullah atau tidak!!

Gimana ? sekarang sudah jelas kenapa kita harus takut untuk masuk dan berkecimpung di dunia politik. Katakan, POLITIK ? siapa TAKUT.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: